• Follow Us

Dental Health Education

Date: December 6, 2011 Author: admin Categories: Uncategorized

Pics02-K06News06Des2012-T
“Dokter, bagaimana bila anak umur 4 tahun memiliki kebiasaan minum susu sampai ketiduran?” Begitulah pertanyaan yang diberikan kepada drg. Stefanie pada pelatihan “Nanny” di aula TKK 6 PENABUR Kelapa Gading, pada hari Senin, 28 November 2011.

Suasana tampak meriah di aula tersebut karena para nanny bersemangat serta antusias dalam mengikuti pelatihan tentang kesehatan gigi dan mulut pada anak. Nanny dari jenjang Toddler sampai dengan K2 merasa senang karena mereka mendapatkan manfaat dan pengetahuan baru dari pelatihan ini.

Berikut penjelasan dari drg. Stefanie tentang kesehatan gigi dan mulut pada anak :

Kesehatan Gigi & Mulut Pada anak-anak

Panduan 1: anak usia 1 – 3 tahun

Pertumbuhan Gigi
Ketika gigi tumbuh, gusi pada bayi akan terasa nyeri & sakit disebabkan dorongan gigi. Bila bayi terlihat tak nyaman / kesakitan, cobalah beri mereka sesuatu yg aman digigit seperti cincin tumbuh gigi (teether)

Rajinlah membersihkan mulut bayi dengan kain bersih halus beberapa kali sehari. Bila demam, sebaiknya periksa ke dokter anak

Masalah yang umum terjadi

Pics03-K06News06Des2012-T

Sindrom botol bayi
Gigi terkena cairan manis (jus, susu & bahkan ASI) secara terus-menerus dalam jangka waktu panjang. Masalah muncul karena bayi dibiarkan tertidur dgn mengedot botol berisi jus / susu.

Pics05-K06News06Des2012-T

Solusi terbaik:
tidak membiarkan bayi mengedot botol susu menjelang tidur / isi hanya dengan air putih

Dot & menghisap jempol
Menghisap? panggilan naluriah bayi (3 bulan-2 tahun), gunakanlah dot yang bersih & tidak rusak. Jika ini terjadi setelah 3 tahun, padahal sebelumnya tidak/sudah berhenti, bisa jadi si anak sedang stres & perlu dicari penyebabnya. Bila dibiarkan terlalu lama mengganggu perkembangan gigi tetap, diare & mempengaruhi perkembangan kepribadiannya

Solusi :
Bila si kecil masih bayi tak perlu terlalu khawatir.
Bila terjadi setelah usia 1 tahun, mungkin si kecil sedang lelah / bosan, alihkan kegiatannya.
Bila terjadi pada usia 5-6 tahun, beri penjelasan akibat dari kebiasaan buruknya, dapat memberinya hadiah bila anak berhasil menghentikannya.

Jika tetap saja sulit ditangani?

penanganan khusus
Kesehatan gigi dan mulut
Bersihkan gigi & gusi bayi setiap pagi & malam (bahan lembut, basah / sikat gigi khusus bayi). Ketika gigi belakang bayi mulai tumbuh, pergunakan sikat gigi khusus bayi. Kegiatan ini juga menumbuhkan kebiasaan masuknya sikat gigi ke dalam mulut mereka, agar di kemudian hari tidak akan kesulitan menyikat gigi mereka. Bawalah anak menemui dokter gigi secepatnya, agar dokter gigi dapat memantau pertumbuhan gigi anak

Diet Sehat
Kebiasaan mengonsumsi makanan sehat dapat menjaga kesehatan gigi & gusi. Jangan isi botol susu anak selain dengan susu / air putih. Jadilah panutan yang baik, bayi tak mengerti tentang manisan / minuman bersoda, tapi mereka mencontoh orang di sekitar mereka. Menghindari segala makanan yg merusak gigi memang terkadang membosankan, sekali waktu boleh juga mengonsumsi makanan tersebut. Kuncinya : menjaga keseimbangan

Panduan 2: anak usia 3 – 6 tahun

Kenapa gigi susu itu penting?
Banyak orang beranggapan keberadaan gigi susu tidak penting karena gigi tersebut akan tanggal dengan sendirinya & diganti gigi tetap ? salah. Gigi susu memiliki beberapa peran penting: perkenalan pertama dalam mencerna makanan, pemandu jalan pertumbuhan gigi tetap, pembentukan & perkembangan rahang

Masalah yang umum terjadi
Kerusakan Gigi
Pics07-K06News06Des2012Gigi anak rentan terhadap kerusakan karena email gigi anak belum sekeras email gigi tetap
Menjaga kebersihan gigi anak ? sikat gigi 2x/hari setiap pagi setelah sarapan & malam sebelum tidur menggunakan pasta gigi berfluoride. Bersihkan juga lidah anak menggunakan sikat gigi mereka.
Memasuki umur ini, anak sudah dapat menggenggam sikat giginya sendiri & menyikat giginya sendiri. Namun masih membutuhkan bantuan.
Gunakan sikat gigi & pasta gigi khusus anak karena kadar fluoride sesuai untuk anak seusia mereka

Diet sehat
Kunjungi dokter gigi untuk berkonsultasi lebih lanjut tentang cara membersihkan gigi anak

Persistensi
Mengisap jempol

Kendala kesehatan mulut & gigi
Anak tak memperbolehkan saya menyikati giginya
Kurangi pertentangan dgn anak ketika menyikat gigi, ciptakan suasana menyenangkan. Lakukanlah kegiatan menyikat gigi bersama-sama, agar anak dapat melihat bagaimana kita melakukannya.Terangkan dengan hati-hati tentang apa yang dilakukan & kenapa menyikat gigi.Beri alasan yg dapat diterima akal mereka, misalnya gigi kuat dapat menjadikan mereka seperti tokoh jagoannya.

Anak tak suka rasa pasta gigi
Pastikan menggunakan pasta gigi khusus anak karena rasa lebih lembut. Bila anak tidak menyukai rasa pasta gigi yang biasa, cobalah membeli beberapa pasta gigi dengan rasa berbeda untuk membujuk mereka. Jangan pernah putus asa, beberapa anak memerlukan waktu sedikit lebih lama untuk terbiasa dengan rasa pasta gigi. Melihat saudara/teman seumuran menikmati rasa pasta gigi, terkadang cukup ampuh membuat mereka mau melakukan hal yg sama.

Pertanyaan
1. Bagaimana bila anak hanya ingin makan satu jenis makanan saja, seperti bihun?
Jangan berikan anak porsi makanan tersebut dalam jumlah yang mengenyangkan, bila anak lapar biasanya dia akan makan apa saja.

2. Bagaimana bila anak umur 4 tahun memiliki kebiasaan minum susu sampai ketiduran?
Jangan biarkan minum susu sampai tertidur karena akan merusak gigi, bila sudah akan tidur sebaiknya ganti saja dengan air putih. Selain itu, biasakan anak minum dengan gelas & hentikan kebiasaan mengedot.

3. Umur berapakah gigi tetap pertama kali tumbuh dan biasanya gigi apa yang tumbuh?
Gigi tetap tumbuh pertama kali sekitar usia 6 tahun, dan biasanya gigi yang tumbuh pertama kali adalah gigi depan (seri) dan gigi geraham yang letaknya di belakang geraham susu (gigi ini tumbuh tanpa menggantikan gigi susu).

Ms. Desi Silaban